Mari bershadaqah (karena sebagian harta kita adalah hak mereka juga yang membutuhkan) Bank mandiri 1320012549953 atau rek. Bank BRI 040701000328307 a/n Yayasan Al Hilal. (shadaqah tidak akan membuat Anda miskin)

Dari Jabir bin Abdullah r.huma, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : " Orang-orang muslim yang miskin akan masuk Syurga 40 tahun lebih dahulu daripada orang-orang muslim yang kaya. " (H.R. Tirmidzi )

Dari Abdullah bin Amr r.huma, dari Nabi SAW, baginda bersabda : "Kamu sekelian akan dikumpulkan pada hari Kiamat, lalu ditanyakan : "Mana orang-orang fakir iskin dari umat ini?". Lalu Nabi SAW meneruskan sabdanya : "Mendengar pertanyaan itu, maka bangunlah orang-orang miskin. Lalu ditanyakan kepada mereka : "Apa yang kalian perbuat (dengan kemiskinan kalian di dunia) ?". Mereka menjawab : " Wahai Rabb kami ! Engkau telah menguji kami (dengan kemiskinan), maka kami bersabar. (sementara) Engkau memberikan harta dan kekuasaaan kepada orang lain". Allah SWT berFirman : " Kalian berkata benar". Nabi SAW melanjutkan sabdanya : "Lalu orang-orang miskin masuk Syurga sebelum manusia lainnya, dan tinggallah pemilik harta dan kekuasaan yang akan menjalani hisab yang sangat keras ". (H.R. Ibnu Hibban)

Dari Abu Hurairah r.a berkata : "Rasulullah SAW bersabda : "Orang-orang (muslim) yang miskin akan masuk Syurga setengah hari lebih dahulu daripada orang-orang (muslim) yang kaya. Setengah hari sama dengan 500 tahun (menurut perhitungan dunia)" (H. R. Tirmidzi, katanya : "ini hadith hassan sahih )

KETERANGAN : " Dalam hadith ynag disebutkan di atas bahawa orang-orang muslim yang miskin akan memasuki Syurga 40 tahun sebelum orang muslim yang kaya, sedangkan menurut hadith ini dikatakan 500 tahun lebih dahulu. Secara zahir, tampak kedua hadith bertentangan, tetapi sebenarnya bisa dipromikan sebagai berikut : "Perbedaan 40 tahun ini adalah bagi orang miskin yang tamak harta dan juga orang kaya yang tamak harta. Sedangkan bagi orang miskin yang zuhud perbedaannya 500 tahun daripada orang kaya yang cinta harta". (Jami'ul Ushuul 1V/672)

Wallahu'alam.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 ISLAM AGAMAKU / Template by : Urangkurai